• Rabu, 30 November 2022

Cerita Gemilang Kerajaan Kediri Kuasai Nusantara Ditengah Puluhan Tahun Perang Saudara

- Rabu, 7 September 2022 | 19:26 WIB
Petilasan Raja Kerajaan Kediri Sri Aji Jayabaya. Raja Kerajaan Kediri yang masyhur ini konon tidak meninggal dunia melainkan muksa. (AGTVnews.com/Linda Kusuma Wardhani)
Petilasan Raja Kerajaan Kediri Sri Aji Jayabaya. Raja Kerajaan Kediri yang masyhur ini konon tidak meninggal dunia melainkan muksa. (AGTVnews.com/Linda Kusuma Wardhani)

AGTVnews.com - Kerajaan Kediri merupakan salah satu kerajaan besar di Nusantara. Pada masa keemasannya, mampu menguasai seluruh pulau Jawa hingga Sumatera.

Tidak ada yang tahu pasti, seperti apa masa awal-awal berdirinya kerajaan Kediri kala itu. Tidak begitu banyak catatan yang ditemukan.

Konon katanya, Kerajaan Kediri ini dulunya bernama Kerajaan Panjalu. Kerajaan Panjalu ini bersaudara dengan kerajaan Jenggala.

Namun tidak layaknya Kerajaan saudara yang bertetangga, justru kerajaan Kediri atau Panjalu ini selalu berkonflik dengan kerajaan Jenggala.

Baca Juga: 7 Air Terjun Terbaik di Jawa Timur yang Eksotis namun Masih Alami

Perang saudara ini berlangsung hingga puluhan tahun. Saling serang mewarnai hubungan kedua kerajaan ini.

Dalam Prasasti Turun Hyang II pada tahun 1044 M menyebutkan adanya perang saudara antara dua kerajaan sepeninggal raja Airlangga.

Raja Airlangga merupakan raja Medang Kamulan. Pada tahun 1041, Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua kerajaan, yakni kerajaan Jenggala (Kahuripan) dan Panjalu (Kediri).

Setelah puluhan tahun saling serang antara Panjalu dan Jenggala, muncullah nama Raja Bameswara (1116-1135) dari Kediri.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelajar SMA di Lamongan borong juara olimpiade UINSA

Minggu, 30 Oktober 2022 | 15:35 WIB
X