• Rabu, 30 November 2022

Asal-usul Jombang, Bermula dari Perkelahian Dua Pendekar Sakti

- Selasa, 6 September 2022 | 15:55 WIB
Bangunan ikonik Ringin Contong di pusat kota Jombang dengan nuansa warna ijo dan abang (hijau dan Merah). (Instagram/@mayudin_may via @jombangmbois)
Bangunan ikonik Ringin Contong di pusat kota Jombang dengan nuansa warna ijo dan abang (hijau dan Merah). (Instagram/@mayudin_may via @jombangmbois)

AGTVnews.com - Jombang adalah sebuah Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Jombang dulunya dipercaya sebagai gerbang masuk Kerajaan Majapahit.

Konon nama Jombang tak lepas dari dua pendekar sakti bernama Kebo Kicak dan Surantanu. Kebo Kicak adalah seorang yang berambisi memiliki wilayah kekuasaan.

Ia kemudian berguru ke seorang kiai sakti di Desa Tjoekir. Di sana Kebo Kicak bertemu dengan Surantanu.

Baca Juga: Mengenal Burung Perkutut Putih, Jadi Incaran Karena Keindahan Bulu Dan Kicauannya

Keduanya bersama-sama berlatih ilmu hingga memiliki kesaktian yang tak terkalahkan. Bahkan Surantanu memiliki tunggangan sebuah binatang berwujud Banteng Pusaka.

Usai mendapat kesaktian, Kebo Kicak hendak mencari ayahnya. Ayah Kebo Kicak rupanya adalah seorang patih Kerajaan Majapahit bernama Patih Pangulang Jagad.

Namun, untuk membuktikan bahwa ia adalah anaknya, sang patih memberi syarat kepada Kebo Kicak. Syarat itu adalah mengangkat batu hitam di sungai brantas dan melawan bajul ijo.

Baca Juga: Kisah Mistis 6 Pendaki Gunung Arjuno Malang, Masuk ke Dimensi Alam Gaib Kampung Misterius

Melihat Kebo Kicak berhasil, Patih Pangulang Jagad pun mengakui bahwa Kebo Kicak adalah anaknya. Ia juga menyerahkan wilayah barat sebagai kekuasaan Kebo Kicak.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelajar SMA di Lamongan borong juara olimpiade UINSA

Minggu, 30 Oktober 2022 | 15:35 WIB
X