Mengenal Lebih Dekat Gus Maksum Salah satu Pendiri Pagar Nusa Asal Kediri

- Rabu, 25 Mei 2022 | 18:12 WIB
Gus Maksum lahir dengan nama Maksum Jauhari pada 8 Agustus 1944. (NU Online Nganjuk)
Gus Maksum lahir dengan nama Maksum Jauhari pada 8 Agustus 1944. (NU Online Nganjuk)

AGTVnews.com - Nama Gus Maksum sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Gus Maksum merupakan salah satu pendiri dari pencak silat Pagar Nusa.

Gus Maksum lahir dengan nama Maksum Jauhari. Ia lahir di Kanigoro, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada 8 Agustus 1944.

Gus Maksum merupakan cucu dari KH Manaf Abdul Karim pendiri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Orang tua Gus Maksum bernama KH Abdullah Jauhari dan Nyai Aisyah.

Baca Juga: Tujuan Tradisi Manten Tebu, Tandai Buka Giling Pabrik Gula RMI Blitar

Lahir dan dibesarkan di Kediri, Gus Maksum sejak kecil dikenal sebagai anak yang sangat aktif. Sejak kecil, beliau sudah memiliki keanehan dibandingkan dengan anak seusianya.

Masa muda Gus Maksum dihabiskan untuk mencari ilmu, seperti mengaji, silat, tenaga dalam, pengobatan, dan kejadukan atau kanuragan.

Beberapa daerah di Indonesia telah disinggahi beliau untuk memperdalam ilmu, seperti Blitar, Cirebon, dan Karawang Jawa Barat.

Baca Juga: Persib Bandung Diizinkan Menggunakan Stadion GBLA Sebagai Home Base

Pada tanggal 27 September 1985, Gus Maksum menghadiri musyawarah yang bertempat di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur yang dihadiri tokoh-tokoh pencak silat dari daerah Jombang, Ponorogo, Pasuruan, Nganjuk, Kediri, dan Cirebon.

Kemudian musyawarah selanjutnya diadakan di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri pada 3 Januari 1986. Musyawarah tersebut disepakati sebagai pembentukan organisasi pencak silat NU bernama Pagar Nusa.

Halaman:

Editor: CF Glorian

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X