Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, Awal Bangkitnya 'Orang Indonesia'

- Jumat, 20 Mei 2022 | 07:27 WIB
Sejarah hari Kebangkitan nasional 20 Mei, awal Bangkitnya 'orang Indonesia' (Kemkominfo)
Sejarah hari Kebangkitan nasional 20 Mei, awal Bangkitnya 'orang Indonesia' (Kemkominfo)

AGTVnews.com - Sejarah hari Kebangkitan Nasional di Indonesia ditandai dengan dua peristiwa penting saat masa penjajahan kolonial Belanda.

Dua peristiwa penting yang menandai masa kebangkitan Nasional di Indonesia adalah Berdirinya organisasi pemuda Budi Utono pada 20 Mei 1908 dan Ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Dua peristiwa penting inilah yang menggugah rasa orang 'Indonesia' sebagai sebuah negara berdaulat dan harus lepas dari belenggu penjajahan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jawa Timur Hari Ini, Jumat 20 Mei 2022, Sepanjang Hari Mendung Berpotensi Hujan Petir

Munculnya kaum elit intelektual Indonesia dan kenangan kejayaan masa lalu, menjadi cambuk bagi orang Indonesia untuk bangkit dan melawan penjajah.

Melansir laman resmi Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, selain faktor dari dalam negeri, ada juga faktor luar yang mendorong munculnya masa kebangkitan di Indonesia.

Faktor pemicu munculnya kebangkitan nasional dari luar adalah bergaungnya paham-paham nasionalisme, liberalisme, serta sosialisme di Eropa dan Amerika.

Baca Juga: Singapura Geser Indonesia di Posisi 3 Besar Perolehan Medali SEA Games Vietnam

Munculnya gerakan kebangkitan nasional di Asia, hingga kemenangan Jepang atas Rusia yang memberikan dorongan bahwa negara-negara di Asia mampu melawan negara barat.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X