• Jumat, 27 Mei 2022

Fakta Hari Pahlawan 10 November, Heroik dan Membanggakan

- Sabtu, 6 November 2021 | 09:34 WIB
Ilustrasi bung Tomo dalam menggelorakan semangat arek-arek Surabaya. (Instagram @stmikroyal.official)
Ilustrasi bung Tomo dalam menggelorakan semangat arek-arek Surabaya. (Instagram @stmikroyal.official)

AGTVnews.com - Setiap 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan Hari Pahlawan ini untuk menghormati pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Surabaya 10 November 1945.

Tanggal 10 November akhirnya ditetapkan Presiden Sukarno sebagai Hari Pahlawan, lewat Keputusan Presiden (Keppres) No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional.

Pertempuran 10 November 1945 adalah perjuangan arek-arek Surabaya berperang melawan pasukan NICA dan sekutu yang dilengkapi dengan persenjataan lengkap.

Sementara kita dari Bangsa Indonesia, hanya memakai senjata seadanya. Tentu saja kondisi tidak imbang ini banyak menelan korban jiwa, terutama dari kalangan rakyat biasa.

Baca Juga: Pemkab Kediri Buka Lowongan Direktur dan Pengawas Perusahaan Daerah

Gelar pahlawan yang disematkan bukan hanya untuk yang mereka gugur dalam balutan seragam prajurit saja, tetapi juga bagi seluruh warga yang menjadi korban serangan Inggris dalam Pertempuran Surabaya.


Pertempuran 10 November 1945 menyimpan beberapa fakta yang sangat luar biasa. Berikut fakta-fakta pertempuran 10 November yang kami rangkum dari berbagai sumber :

1. Tewasnya Mallaby jadi Pemicu Kemarahan Sekutu

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dipicu tewasnya perwira kerajaan Inggris Jenderal Mallaby.

Waktu itu, Tentara Sekutu yang dipimpin oleh Jenderal Mallaby datang ke Surabaya pada bulan Oktober 1945 untuk melakukan aksi seremonial dengan berjalan ke berbagai sudut kota untuk melihat situasi.

Baca Juga: Mengenal Tubagus Joddy, Sopir Vanesa yang selamat dari Kecelakaan

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Gus Maksum Dirikan Pagar Nusa

Selasa, 24 Mei 2022 | 13:29 WIB
X