• Selasa, 5 Juli 2022

Inilah Sejarah dan Arti Dibalik Nama Bhayangkara, Konon Berasal dari Nama Pasukan Elit Kerajaan

- Senin, 21 Februari 2022 | 14:20 WIB
Inilah Sejarah dan Arti Dibalik Nama Bhayangkara, Konon Berasal dari Nama  Pasukan  Elit Kerajaan (Foto : instagram @polri)
Inilah Sejarah dan Arti Dibalik Nama Bhayangkara, Konon Berasal dari Nama Pasukan Elit Kerajaan (Foto : instagram @polri)

AGTVnews.com - Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama Bhayangkara. Nama Bhayangkara juga digunakan dalam instansi Kepolisian Republik Indonesia.

Selain itu Bhayangkara juga digunakan dalam klub sepak bola milik Polri yaitu Bhayangkara FC yang saat ini berlaga di Liga 1.

Dilansir dari keterangan Divisi Humas Polri melalui akun Facebook-nya, nama Bhayangkara adalah istilah yang digunakan Patih Gadjah Mada dari Majapahit untuk menamai pasukan keamanan super elit yang ditugaskan menjaga
raja dan Kerajaan Mataram pada abad ke-14.

Baca Juga: Daftar Terbaru Layanan dan Penyakit Tidak Ditanggung oleh BPJS Kesehatan, Salah Satunya Korban Kejahatan

Pasukan tersebut ditugaskan untuk menjaga keamanan raja dan kerajaan, termasuk masyarakat Majapahit agar mereka tidak berbuat sesuatau yang mengancam kejayaan pemerintahan kerajaan.

Sementara itu, dikutip dari buku Gajah Mada: Bergelut dalam Kemelut Takhta dan Angkara Volume 2 karya Langit Kresna Hariadi, pasukan keamanan Bhayangkara memiliki anggota dengan kemampuan tinggi dalam hal membidik sasaran.

Kemampuan itu bahkan dikatakan hampir mustahil dimiliki oleh orang biasa di luar Bhayangkara.

Baca Juga: Viral Beli Minyak Goreng Wajib Bawa Fotokopi KK dan Bukti Vaksin, Netizen: Ribet

Penulis buku tersebut juga menganalogikan melalui kalimatnya pasukan Bhayangkara bisa mendapatkan sasarannya, walau hanya kakinya saja terlihat menyembul dari balik batang pohon.

Halaman:

Editor: Eva Rohilah

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Kediri Lantik Pejabat Baru Diskominfo

Senin, 22 November 2021 | 09:08 WIB

Kota Kediri Ajak 'Batman' Untuk Bantu Warga Isoman

Selasa, 13 Juli 2021 | 18:09 WIB
X