• Sabtu, 4 Desember 2021

Musim Hujan 2021 Datang Lebih Cepat dari Biasanya, Waspadai Cuaca Ekstrem

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 12:39 WIB
Cuaca ekstrem berupa hujan lebat angin kencang dna puting beliung berpotensi terjadi pada pergantian cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan. (Nur  Ana Alana )
Cuaca ekstrem berupa hujan lebat angin kencang dna puting beliung berpotensi terjadi pada pergantian cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan. (Nur Ana Alana )

AGTVnews.com - Musim hujan tahun 2021 di Indonesia diprediksi akan datang lebih cepat dari biasanya. Prediksi ini berbeda dari perkiraan sebelumnya.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan agar masyarakat mewaspadai terjadinya cuaca ekstrem selama perubahan cuaca terjadi.

“Masyarakat harus bersiap melakukan mitigasi adanya bencana hidrometeorologi,” kata Dwikorita dikutip dari kanal Youtube BMKG yang diunggah Kamis, 26 Agustsus 2021.

BMKG memprediksi sekitar 50 persen wilayah Indonesia akan mengalami musim penghujan lebih awal. Perkiraan itu berdasarkan referensi rata-rata klimatologi sepanjang 30 tahun terakhir.

"Musim hujan 2021 akan dimulai September ini dan merata di bulan Oktober. Total yang maju ada 45,9 persen zona musim di Indonesia," kata Dwikorita.

Wilayah yang kebagian hujan pada awal September ada di sebagian besar pulau Sumatera, Kalimantan dan pulau Jawa bagian barat.

Baca Juga: Kemensos Gelontor Bansos untuk Anak Yatim Rp300 Ribu per Bulan

Sebagian besar pulau Jawa akan masuk musim hujan 2021 pada bulan Oktober. "Di bulan Oktober ini mayoritas wilayah Indonesia sudah akan masuk musim hujan," tambah Dwikorita.

Selain musim hujan 2021 datang lebih awal, sifat hujan juga bakal lebih lebat dari biasanya. Ada 26 persen zona musim di Indonesia harus bersiap.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur Erupsi

Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:33 WIB
X