• Senin, 17 Januari 2022

Kemensos Gelontor Bansos untuk Anak Yatim Rp300 Ribu per Bulan

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 20:33 WIB
Ilustrasi bansos (Pixabay)
Ilustrasi bansos (Pixabay)

AGTVnews.com - Kementerian Sosial (Kemensos) bakal menggelontorkan bantuan sosial (Bansos) kepada anak yatim piatu karena orang tuanya menjadi korban Covid-19.

Bansos bagi anak yatim piatu korban Covid-19 itu direncanakan senilai Rp200 ribu dan Rp300 ribu. Penerima Bansos ini adalah yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Kemensos perlu mengusulkan Bansos tersebut kepada Komisi VIII DPR karena banyaknya anak yang berpotensi terlantar setelah ditinggal orang tuanya meninggal dunia akibat Covid-19.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos Harry Hikmat mengatakan, besaran bantuan disesuaikan dengan status sang anak.

Bansos senilai Rp300 ribu perbulan diberikan kepada anak yang belum sekolah. Sementara Rp200 ribu untuk anak yang sudah sekolah.

Baca Juga: Kenali 4 Menu 'Cek Bansos' Untuk Usul dan Sanggah Bantuan Salah Sasaran

Mengacu DTKS, akan ada sejumlah 4.230.622 anak penerima Bansos ini. Diusulkan Bansos akan cair selama empat bulan mulai September-Desember 2021.

"Kemudian datanya kita sudah melakukan updeting data dari DTKS dan terindentifikasi sekitar empat juta," katanya seperti dilaporkan Pikiran-Rakyat.com dalam berita berjudul: Bansos Bagi Anak Yatim Rp300.000 per Bulan, Penerima Capai 4 Juta Jiwa, Rabu, 25 Agustus 2021.

Harry menjelaskan 4.230.622 jiwa, itu sudah ada di DTKS dan sudah dipadankan dengan Dukcapil. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa data ini akan ada pembaharuan sehingga proses verifikasi tetap dilakukan.

Estimasi anak yatim piatu yang menjadi korban Covid-19 kata Harry saat ini ada sebanyak 14 juta jiwa.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X