• Rabu, 30 November 2022

5 tempat bersejarah yang menjadi saksi kekejaman PKI di Indonesia

- Jumat, 30 September 2022 | 08:59 WIB
Kediaman Jenderal Ahmad Yani yang kini jadi museum Sasmita Loka Ahmad Yani. Saksi kekejaman peristiwa G30S PKI. (Instagram/@ahmadyanimuseum)
Kediaman Jenderal Ahmad Yani yang kini jadi museum Sasmita Loka Ahmad Yani. Saksi kekejaman peristiwa G30S PKI. (Instagram/@ahmadyanimuseum)

AGTVnews.com – 30 September memiliki ingatan tersendiri bagi rakyat Indonesia. Sebuah peristiwa besar yang merubah perjalanan bangsa.

Peristiwa kelam bangsa Indonesia itu dikenal sebagai Gerakan 30 September oleh Partai Komunis Indonesia atau disingkat G30S PKI.

Bagi generasi milenial, mungkin akan sulit memahami peristiwa sejarah ini. Tapi kita bisa mengunjungi 5 tempat bersejarah untuk mempelajari lebih jauh tentang peristiwa G30S PKI.

Dimana saja tempat bersejarah yang menjadi saksi kekejaman PKI? Simak lengkapnya dalam artikel ini.

Baca Juga: Mengenal lebih dekat senapan Chung atau tipe-56 Karabin, senjata yang digunakan dalam G30S PKI

Berikut 5 tempat bersejarah yang menjadi saksi atas kekejaman PKI di Indonesia.

1. Monumen Lubang Buaya

Monumen ini terletak di Lubang Buaya, Cipinang, Jakarta. Tempat ini merupakan tempat utama yang menggambarkan bagaimana sadisnya kekejaman G30S PKI saat itu.

Di sana ada sebuah sumur maut sedalam 12 meter yang berdiameter 75 cm. Lubang itu digunakan untuk membuang korban kekejaman G30S PKI.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X