• Sabtu, 3 Desember 2022

Pengambilan CCTV di TKP, Mahfud MD Bicara Soal Sanksi Pelanggaran Kode Etik Sekaligus Pidana

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 15:04 WIB
Pengambilan CCTV di TKP, Mahfud MD Bicara Soal Sanksi Pelanggaran Kode Etik Sekaligus Pidana (Instagram Mahfud MD)
Pengambilan CCTV di TKP, Mahfud MD Bicara Soal Sanksi Pelanggaran Kode Etik Sekaligus Pidana (Instagram Mahfud MD)

AGTVnews.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan ada pelanggaran kode etik hingga pidana terkait dugaan adanya pengambilan CCTV di TKP kasus Brigadir J.

Mahfud MD menjelaskan, pelanggaran etik itu diantaranya karena tidak cermat atau tidak profesional. Ini sekaligus bisa melanggar pidana karena obstruction of justice atau tindakan yang menghalang-halangi proses hukum yang sedang dilakukan oleh aparat dan lainnya.

"Bisa masuk dua-duanya. Hukum formal itu kan kristalisasi dari moral dan etika," ujar Mahfud dalam pesan singkatnya, Minggu, 7 Agustus 2022, dikutip dari PMJnews.

Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional 2022, Bupati Blitar Santuni 300 Anak Yatim

Kata dia, sesuai hukum pelanggaran etik dan pelanggaran pidana itu bisa sama-sana jalan, tidak harus saling menunggu dan tidak bisa saling meniadakan. Artinya, kalau seseorang dijatuhi sanksi etik bukan berarti dugaan pidananya dikesampingkan. Pelanggaran etik diproses, pelanggaran pidana pun diproses secara sejajar.

Dua jenis pelanggaran ini bisa diusut secara bersama-sama. Sebab sanksi etik ini bukan diberikan oleh hakim di Pengadilan namun berupa sanksi administratif seperti pemecatan dan penurunan pangkat.

"Sedangkan peradilan pidana diputus oleh hakim yang hukumannya adalah sanksi pidana seperti masuk penjara, hukuman mati, perampasan harta hasil tindak pidana, dan lain-lain," imbuhnya.

Baca Juga: Gadis Belia Dipaksa Nikah Dengan Kades Demi Lunasi Hutang Viral di Media Sosial, Orang Tua Banjir Hujatan

Sebelumnya, Ferdy Sambo diduga melakukan pelanggaran prosedur dalam penanganan kasus tewasnya Brigadir J. Dia disebut tidak profesional dalam hal pengambilan CCTV.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X