Apa Itu Banjir Rob ? Fenomena Alam di Kawasan Tanjung Emas Semarang

- Senin, 23 Mei 2022 | 20:35 WIB
Apa Itu Banjir Rob ? Fenomena Alam di Kawasan Tanjung Mas Semarang (Istock-Pixabay)
Apa Itu Banjir Rob ? Fenomena Alam di Kawasan Tanjung Mas Semarang (Istock-Pixabay)

AGTVnews.com - Banjir rob melanda kawasan pesisir lau Jawa di Semarang utara. Akibatnya, luapan sampai menggenangi jalur pantura.

Banjir rob ini kawasan kelurahan Bandarharjo dan Tanjung Emas di kawasan pelabuhan  mengakibatkan warga terjebak tak bisa keluar sehingga harus di evakuasi tim rescue.

Kondisi paling parah terjadi di pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sebab disana terdapat tanggul yang jebol. Banjir rob juga melanda perkampungan Tambaklorok.

Informasi yang dihimpun, dalam kawasan industri Lamicitra terdapat tembok roboh sehingga air laut meluap. Hal ini praktis juga membanjiri area pelabuhan. Ketinggian di dalam sampai 1,5 meter. Akibatnya, banyak motor atau kendaraan yang mati mesin sehingga harus didorong.

Lalu apa sebenarnya pengertian dari banjir rob itu sendiri ? apa saja penyebabnya?

Baca Juga: Manfaatkan Momen Minyak Goreng Langka, Wanita di Ponorogo Tipu Ratusan Orang, Begini Modusnya

Dikutip dari wikipedia, Rob berasal dari bahasa Jawa. Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.

Banjir rob secara khusus diartikan sebagai banjir yang diakibatkan oleh air laut yang menggenangi daratan yang lebih rendah. Tetapi sebenarnya tidak terbatas pada banjir yang berakibat oleh air laut saja, melainkan juga curah hujan tinggi di daratan.

Hal ini menyebabkan air melambat mengalir ke laut yang hasilnya akan mengakibatkan air tertahan dalam waktu yang relatif lama di daratan pesisir pantai. Fenomena ini juga diperparah oleh kondisi pasang naik air laut di waktu-waktu tertentu.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Sumber: Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X