Di Bawah Pohon ini Soekarno Temukan Pancasila

- Senin, 23 Mei 2022 | 18:00 WIB
Di Bawah Pohon ini Soekarno Temukan Pancasila (Pixabay)
Di Bawah Pohon ini Soekarno Temukan Pancasila (Pixabay)

AGTVnews.com - Juni adalah bulan Pancasila. Selain sebagai bulan lahirnya Pancasila, untuk pertama kali Soekarno mengemukakan dasar negara pada sidang BPUPKI yang pertama. Juga menjadi bulan dimana sang pemrakarsa Pancasila itu lahir.

Hari lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni berdasarkan Keputusan Presiden tahun 2016. Lalu bagaimanakan awal mula Soekarno menemukan ide dan gagasan dasar negara Pancasila tersebut?

Di Bawah Pohon Sukun

Ende Flores merupakan salah satu tempat pengasingan Soekarno sebagai tahanan politik pemerintah Hindia Belanda.

Baca Juga: Skin Transformers Baru Mobile Legends, ini Cara Dapatnya

“Di Pulau Flores yang sepi, dimana aku tidak memiliki kawan, aku telah menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di bawah sebatang pohon di halaman rumahku, merenungkan ilham yang diturunkan Tuhan, yang kemudian dikenal sebagai Pancasila”, tutur Bung Karno dalam otobiografinya.

Pohon yang dimaksud Bung Karno adalah pohon sukun. Pohon itu tumbuh di atas sebuah bukit kecil yang menghadap ke teluk. Hampir setiap hari selama pengasingannya di Ende Flores Soekarno mengunjungi pohon ini meski sekedar duduk berjam-jam.

“Suatu kekuatan gaib memaksaku ke tempat itu hari demi hari”, kata Soekarno yang diasingkan ke Ende Flores selama 4 tahun pada rentang waktu 1934 hingga 1938.

Baca Juga: Mitsubishi Electric Resmi Gantikan Suzuki Sponsor di Piala AFF 2022, Cek Faktanya

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Sumber: Otobiografi Penyambung Lidah Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X