• Rabu, 5 Oktober 2022

Kemenag Resmi Merilis Daftar Calon Jemaah Haji yang Berhak Berangkat Tahun 2022, Konfirmasi Dilakukan 9-20 Mei

- Senin, 9 Mei 2022 | 06:39 WIB
Kemenag Resmi Merilis Daftar Calon Jemaah Haji yang Berhak  Berangkat tahun 2022, Bisa Diakses di Link Ini!  (Pixabay)
Kemenag Resmi Merilis Daftar Calon Jemaah Haji yang Berhak Berangkat tahun 2022, Bisa Diakses di Link Ini! (Pixabay)

AGTVNews.com - Dalam masa cuti kemarin Kementerian Agama melakukan persiapan dan finalisasi penyelenggaraan ibadah haji 2022 M / 1443 H yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Hal ini dilakukan karena waktu persiapan yang tidak banyak pasca Arab Saudi mengumumkan kuota haji Indonesia, baik reguler maupun khusus, pada pertengahan April 2022.  

Kini Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama hari ini merilis daftar nama jemaah haji reguler yang berhak berangkat tahun 1443 H/2022 M. Daftar tersebut bisa diakses melalui laman www.haji.kemenag.go.id.

“Alhamdulillah, proses verifikasi daftar nama jemaah haji regular sudah selesai. Saya sudah terbitkan Keputusan Dirjen PHU terkait itu. Daftar nama tersebut sudah diumumkan dan dikirim ke Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia untuk segera ditindaklanjuti,” terang Dirjen PHU Hilman Latief sebagaimana dikutip AGTVNews.com dari laman Kemenag, Senin 9 Mei 2022. 

Baca Juga: Dua Pemuda di Sleman Ditusuk Hingga Tewas, Polisi Buru Pelaku

Proses verifikasi, kata Hilman, dilakukan untuk memastikan seluruh jemaah yang berangkat memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Saudi, yaitu: mereka yang berusia paling tinggi 65 tahun 0 bulan per tanggal 30 Juni 2022 serta sudah menerima vaksinasi Covid-19.

“Saya minta, jemaah yang sudah ditetapkan berhak berangkat tahun ini segera mempersiapkan diri dengan baik. Jangan lupa melakukan konfirmasi keberangkatan pada bank tempat mendaftar,” pesan Hilman.

"Jemaah dapat melakukan proses konfirmasi dari 9 - 20 Mei 2022," imbuhnya.

Baca Juga: Update Terkini Kebakaran Pasar Ngadiluwih Kediri, Total Kerugian Capai Ratusan Juta

Hilman mengatakan bahwa Arab Saudi menetapkan kuota haji Indonesia tahun ini hanya 100.051. Jumlah ini terdiri atas: 92.825 kuota jemaah haji regular, 7.226 kuota jemaah haji khusus, dan 1.901 kuota petugas. Semuanya berkurang dari kuota normal sehingga tentu saja ada jemaah yang sudah melunasi pada tahun 2020 tapi belum bisa berangkat tahun ini.

Halaman:

Editor: Eva Rohilah

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X