• Senin, 24 Januari 2022

Gunung Semeru Masih Berstatus Waspada Saat Erupsi

- Minggu, 5 Desember 2021 | 17:12 WIB
Kondisi rumah yang tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru.  (Twitter.com)
Kondisi rumah yang tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru. (Twitter.com)

AGTVnews.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merilis hasil pengamatan yang dilakukan terhadap Gunung Semeru.

Meski telah menyebabkan warga di kaki Gunung Semeru dievakuasi serta korban harta dan jiwa, namun status Gunung Semeru masih Waspada .

Berdasarkan pers rilis di laman resminya yang diunggah pada 5 Desember 2021, PVMBG memaparkan hasil pemantauan terhadap aktivitas Gunung Semeru.

Baca Juga: Buntut Mahasiswi Minum Racun, Bripda RB Ditahan dan Terancam Sanksi Berat

Dalam rilisnya, PVMBG menyebutkan Gunung Semeru telah mengeluarkan awan panas guguran sejak tanggal 1 Desember 2021 dengan jarak luncur 1,7 km.

Ketika terjadi guguran wedhus gembel pada 4 Desember 2021 kemarin, PVMBG merekam terjadi getaran banjir pukul 13.30 Wib.

Pada pukul 14.40 wib, teramati terjadi luncuran awan panas guguran dengan jarak 4 km dari puncak Semeru. Namun sejauh ini PVMBG masih belum mengetahui sebaran dan jarak luncur detilnya.

Baca Juga: Pameran UMKM di Alun-alun Kota Blitar Porak Poranda Disapu Hujan Disertai Angin

PVMBG mencatat aktivitas kenaikan magma ke permukaan di Gunung Semeru sangat rendah dilihat dari jumlah gempa vulkanik dalam, vulkanik dangkal dan tremor.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang Sampai Akhir Januari

Senin, 17 Januari 2022 | 18:08 WIB
X