• Kamis, 27 Januari 2022

Gunung Semeru Erupsi Tiba-tiba, Warganet Pertanyakan Status Peringatan ke PVMBG

- Minggu, 5 Desember 2021 | 08:51 WIB
Kondisi Dusun Kampung Renteng Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Lumajang pasca erupsi Gunung Semeru. (Tangkapan layar video relawan Baznas)
Kondisi Dusun Kampung Renteng Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Lumajang pasca erupsi Gunung Semeru. (Tangkapan layar video relawan Baznas)

AGTVnews.com - Duka mendalam dirasakan warga di sekitar lereng Gunung Semeru Jawa Timur yang terpaksa meninggalkan harta bendanya untuk menyelamatkan diri, pasca letusan yang terjadi pada Sabtu 4 Desember 2021 kemarin.

Letusan Gunung Semeru mengejutkan semua orang, tidak hanya masyarakat sekitar yang terdampak, namun juga warganet yang ada di Indonesia.

Selain doa-doa dan haarapan agar duka yang dirasakan warga sekitar gunung Semeru bisa segera teratasi, warganet juga ramai membahas minimnya peringatan meletusnya Gunung Semeru.

Baca Juga: Demi Target Juara, Timnas Indonesia Akan Tampil Ngotot di Piala AFF

Akun instagram Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM @pvmbg_ menjadi sasara pertanyaan.

Lembaga PVMBG di bawah kementerian ESDM memang memiliki tugas mengeluarkan peringatan untuk status gunung berapi di Indonesia.

Dalam unggahan terakhir akun instagram tersebut, sempat dirilis status sejumlah gunung api yang masuk level Siaga dan Waspada. Salah satunya adalah Gunung Semeru yang berstatus Waspada atau level 2.

Dalam urusan status gunung berapi dimulai Aktif Normal, Waspada, Siaga hingga Awas. Status ini umumnya ditentukan oleh aktifitas gempa vulkanik suatu gunung.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Ngamuk Saat Dicuekin Anggota Main HP

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X