• Senin, 24 Januari 2022

Gunung Semeru Erupsi Besar Saat Berstatus Waspada, Badan Geologi: Kegempaan Rendah

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:11 WIB
Gunung Semeru erupsi
Gunung Semeru erupsi

AGTVnews.com - Gunung Semeru mengalami erupsi besar pada Sabtu 4 Desemeber 2021. Semburan awan panas dan abu vulkanik bergulung-gulung menyebar ke segala penjuru.

Berdasarkan catatan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) status Gunung Semeru berada di Level 2 atau Waspada. Status ini sudah tercatat sejak Mei 2012 silam.

Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Eko Budi Lelono, kegempaan yang terjadi di Gunung Semeru sebenarnya terbilang sangat rendah. Karena hal inilah status Gunung Semeru tak dinaikan.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Ngamuk Saat Dicuekin Anggota Main HP

"Trend aktifitas di Gunung Semeru sangat rendah. Tiga hari terakhir kegempaan yang tercatat sangat rendah. Kondisi ini juga sama dengan kondisi di bulan November," jelas Eko Budi Lelono dalam konferensi pers Sabtu malam, 4 Desember 2021.

Erupsi yang terjadi saat ini, diduga karena adanya faktor luar dan bukan dari aktifitas peningkatan magma Gunung Semeru.

"Sebelum terjadi erupsi, curah hujan sangat tinggi. Hal ini dimungkinkan menjadi penyebab dinding lava runtuh dan akhirnya menyebabkan erupsi," imbuhnya lagi.

Baca Juga: Kejar Komplotan Perampok Nasabah Bank, Polisi Kediri Tembak Pelaku

Saat ini tim terus melakukan pemantauan terus menerus untuk mengantisipasi adanya kemungkinan erupsi susulan. Mengingat curah hujan yang cukup tinggi.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang Sampai Akhir Januari

Senin, 17 Januari 2022 | 18:08 WIB
X