• Selasa, 18 Januari 2022

Gunung Semeru Erupsi, Jembatan Penghubung Malang-Lumajang Putus Diterjang Lahar

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:52 WIB
Jembatan Perak yang menghubungkan Lumajang dan Malang telah terputus akibat terjangan lahar dingin dari Gunung Semeru di Jawa Timur meletus. (Twitter @eka_Inka )
Jembatan Perak yang menghubungkan Lumajang dan Malang telah terputus akibat terjangan lahar dingin dari Gunung Semeru di Jawa Timur meletus. (Twitter @eka_Inka )

AGTVnews.com - Gunung Semeru yang ada di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang erupsi pada Sabtu, 4 Desember 2021. Erupsi Gunung Semeru terjadi sekitar pukul 15.15 WIB.

Awan hitam tebal pekat terlihat membumbung ke angkasa dari arah kawah Gunung Semeru.

Bahkan sejumlah truk penambang pasir yang melakukan aktifitasnya memilih untuk segera putar balik dan menyelamatkan diri.

Bupati Lumajang, Thoriq menyebut jika Gunung Semeru mengalami erupsi. Kondisi di sekitar Gunung Semeru gelap disertai hujan abu.

Baca Juga: 10 Fakta Tol Kediri Tulungagung yang Bakal Segera Dibangun

“Saya baru dapat laporan dari lokasi, jembatan yang menghubungkan antara Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro putus," jelas Bupati Thoriq, seperti dikutip dari wawancara bersama program Breaking News Youtube BeritaSatu, Sabtu 4 Desember 2021.

Dikatakan Bupati, pada Sabtu, 4 Desember 2021 pukul 00.00 WIB sampai 01.30 WIB muncul lava pijar intensitas tinggi disertai suara letusan-letusan. Namun setelah itu, kondisi aman.

"Tadi pagi tidak mengkhawatirkan. Jam 12 siang sampai jam 3 sore hujan sangat lebat. Pukul 15.15 awan dari Semeru ini turun disertai hujan. Keadaan di beberapa kecamatan gelap. Sekarang masih berlangsung," ucapnya.***

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang Sampai Akhir Januari

Senin, 17 Januari 2022 | 18:08 WIB
X