• Selasa, 18 Januari 2022

Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur Erupsi

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:33 WIB
Warga berlarian saat Gunung Semeru erupsi Sabtu (4/12) (Istimewa)
Warga berlarian saat Gunung Semeru erupsi Sabtu (4/12) (Istimewa)

AGTVnews.com - Gunung Semeru yang terletak di wilayah Kabupaten Lumajang Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu, 4 Desember 2021. Asap pekat dan tebal terlihat membumbung dari kawah Gunung Semeru.

Dari beberapa video amatir yang tersebar di masyarakat, terjadi hujan abu dan kondisi desa di sekitar Gunung Semeru gelap gulita akibat hujan abu vulkanik.

Salah satunya video yang diunggah oleh akun twitter @DaryonoBMKG membagikan jika terjadi hujan abu di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Ngamuk Saat Dicuekin Anggota Main HP

"Saat ini masih sore, sekitar pukul 4 sore, tapi situasinya gelap seperti sudah malam. Saya mohon untuk waspada bagi kepala desa di Kabupaten Malang. Semeru hujan abu, mohon waspada," ucap dalam video di akun @DaryonoBMKG, seperti dikutip AGTVnews.com Sabtu 4 Desember 2021.

Situasi yang terlihat sangat mencekam. Kondisi di sejumlah ruas jalan terlihat pekat ditambah hujan abu.

Tidak hanya itu, warga yang ada di sekitar kaki Gunung Semeru juga terlihat panik, melihat gumpalan awan pekat yang tiba-tiba menggulung keluar disertai hujan abu.

Baca Juga: 10 Fakta Tol Kediri Tulungagung yang Bakal Segera Dibangun

Diketahui, Gunung Semeru saat ini berstatus waspada atau di Level 2 sejak Mei 2012 lalu. Saat erupsi terjadi status gunung tertinggi di Jawa Timur tersebut belum berubah naik.***

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang Sampai Akhir Januari

Senin, 17 Januari 2022 | 18:08 WIB
X