• Kamis, 27 Januari 2022

Gerhana Bulan di Indonesia Hari Ini yang Terlama

- Jumat, 19 November 2021 | 17:27 WIB
Gerhana Bulan Sebagian pada fase puncaknya hari ini hanya akan terlihat di wilayah Papua (Kabar-Priangan.com-Pikiran Rakyat)
Gerhana Bulan Sebagian pada fase puncaknya hari ini hanya akan terlihat di wilayah Papua (Kabar-Priangan.com-Pikiran Rakyat)

AGTVnews.com - Sebagian wilayah Indonesia mengalami gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan ini terjadi pada Jumat 19 November 2021.

Diprediksi gerhana bulan yang terjadi pada hari ini merupakan gerhana bulan dengan rentang waktu terlama di abad ini.

Seperti dikutip dari laman Lapan, rentang waktu selama berlangsungnya gerhana bulan ini adalah 3 jam 28 menit. Namun sayangnya terjadinya gerhana bulan ini disebagian wilayah lain, saat matahari masih belum terbenam. Jadi tidak begitu terlihat.

Baca Juga: Sebuah Alat Berat Diamankan di Lokasi Tambang Pasir Ilegal Aliran Lahar Gunung Kelud

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa LAPAN, Andi Pangerang, mengatakan gerhana bulan yang terjadi kali ini mempunyai magnitudo gerhana 0,9785.

Permukaan Bulan akan tertutupi umbra Bumi sebesar 97,85 persen, terjadi dekat dengan gugus Pleaides di konstelasi Taurus.

“Namun, hanya wilayah Papua yang akan mengalami durasi gerhana paling lama, dalam waktu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit. Sementara, bagian barat Indonesia tidak dapat mengamati puncak Gerhana Bulan sebagian”, ujar Andi.

Baca Juga: Timnas Indonesia Akan Hadapi Myanmar, Coach STY Inginkan Kemenangan

Gerhana Bulan sebagian merupakan kondisi dimana sebagian permukaan Bulan tertutupi bayangan atau umbra Bumi. Semakin Bulan menuju ke tengah atau pusat bayangan pada saat puncak Gerhana, maka durasi gerhana akan semakin lama.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X