• Kamis, 27 Januari 2022

Menelusuri Jejak WM Van Eldik, Guru Musik WR Soepratman di Tulungagung

- Jumat, 12 November 2021 | 06:44 WIB
Van Eldik bersama keluarganya. (dokumen pribadi keluarga / AGTVnews.com)
Van Eldik bersama keluarganya. (dokumen pribadi keluarga / AGTVnews.com)

AGTVnews.com - Nama Willem Martinus (WM) Van Eldik tidak banyak dikenal orang. Tidak banyak yang tahu jika WM Van Eldik adalah guru dari komponis besar Indonesia, Wage Rudolf (WR) Soepratman.

Siapakah WM Van Eldik? Rupanya beliau adalah kakak ipar dari WR Soepratman. Dari WM Van Eldik pula, WR Soepratman bisa bermain musik dan memainkan biola.

Ternyata, jasad WM Van Eldik dimakamkan di TPU Ngujang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Bahkan pada nisannya tertulis jika WM Van Eldik merupakan kelahiran Tulungagung pada 6 Januari 1884 dan wafat pada 5 Mei 1954.

Baca Juga: Begini Kondisi Persik Kediri di Mata Pelatih Barunya Javier Roca

Mencoba menelisik kisah WM Van Eldik di Tulungagung, tim liputan AGTVnews.com akhirnya menemukan salah satu cucu beliau, Agus Harianto warga Kelurahan Tertek Kecamatan Tulungagung.

Laki-laki 41 tahun ini dengan ramah menerima kedatangan tim liputan di beranda rumahnya. Ditemani rintik hujan dan secangkir kopi, Agus berkisah tentang kakeknya, WM Van Eldik.

Kisah Van Eldik semasa hidupnya didapat dari mendiang ayah Agus, Alm Hani Purwanto.

Baca Juga: Deretan Combo Roasting Kiky Saputry ke Anies Baswedan yang Bikin Para Crew Spot Jantung

Hani Purwanto adalah anak kedua WM Van Eldik dari istri keduanya, Tumijah. Tumijah merupakan warga desa Simo Kecamatan Kedungwaru Tulungagung.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X