• Sabtu, 4 Desember 2021

Indonesia Alami Gelombang Panas Bisa Sampai 50 Derajat, Cek Faktanya

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:56 WIB
Warga menghindari terik matahari dengan memakai payung di siang hari. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Warga menghindari terik matahari dengan memakai payung di siang hari. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

AGTVnews.com - Sebuah pesan berantai beredar di media sosial dan percakapan WhatsApp mengenai cuaca panas yang beberapa hari ini terjadi di wilayah Indonesia khususnya Pulau Jawa.

"Awas! Gelombang Panas Kini Melanda Negara Kita. Indonesia, Malaysia dan bbrp negara lain saat ini sedang mengalami gelombang panas," demikian bunyi pesan tersebut.

Disebutkan dalam pesan berantai tersebut bahwa kondisi gelombang panas ini bisa sampai 40-50 derajat. Juga disampaikan anjuran agar menghindari minum es sebab bisa memicu pecahnya pembuluh darah.

Baca Juga: Gempa Bali, Tiga Desa Terisolir dan 4 Orang Tertimbun Reruntuhan

"Pada 40 derajat jangan langsung minum air es. Pembuluh darah mikro bisa meledak. Seorang dari terkena terik matahari langsung cuci kaki dengan air dingin pandangan kabur dan pingsan," tulisnya lagi.

Pesan berantai yang banyak beredar di grup-grup WhatsApp ini mendapat tanggapan Badan Meterorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Menurut BMKG memang pada beberapa hari ini ada lonjakan suhu di beberapa kota.

Berdasarkan pantauan BMKG terhadap suhu maksimum di wilayah Indonesia, memang suhu tertinggi siang hari ini mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Desa Wisata Serang Jadikan Konservasi Penyu Sebagai Daya Tarik Wisata

Tercatat suhu lebih besar dari 36 derajat terjadi di Medan, Deli Serdang, Jatiwangi, dan Semarang pada catatan meteorologis tanggal 14 Oktober 2021. Suhu tertinggi pada hari itu bahkan mencapai 37,0 derajat.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Konstruksi Jembatan Gantung Kaca Bromo, Dijamin Aman

Selasa, 23 November 2021 | 11:03 WIB

Gerhana Bulan di Indonesia Hari Ini yang Terlama

Jumat, 19 November 2021 | 17:27 WIB
X