• Minggu, 24 Oktober 2021

Perayaan Maulid dan Natal Tidak Boleh Ada Pawai, Menag : Ada Pedomannya

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 13:13 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan surat edaran pedoman penyelenggaraan hari besar keagamaan pada masa pandemi (dok. Kemenag)
Menag Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan surat edaran pedoman penyelenggaraan hari besar keagamaan pada masa pandemi (dok. Kemenag)

AGTVnews.com - Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan peraturan tentang penyelenggaran peringatan hari besar.

Pedoman ini terkait larangan untuk adanya pawai dalam hari besar keagamaan diantaranya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW maupun peringatan natal.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pedoman pelarangan adanya arak-arakan dalam peringatan hari besar keagamaan tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama No SE 29 tahun 2021 dan ditandatangani pada 7 Oktober 2021.

Baca Juga: 5 Zodiak Tahan Banting, Paling Kuat Hadapi Tekanan

“Pedoman kami terbitkan dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, jelas Menag Gus Yaqut di Jakarta seperti dikutip dari laman kemenag, Minggu 10 Oktober 2021.

"Jadi tidak boleh ada arak-arakan maupu pawai dalam peringatan Maulid Nabi Saw, Natal, dan hari besar keagamaan lainnya pada masa pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Gus Yaqut mengatakan, pedoman penyelenggaraan disusun dengan memperhatikan kondisi atau status daerah dalam konteks pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kisah Hamzah 30 Tahun Hidup di Puncak Gunung Wilis

Untuk daerah level 2 dan level 1 misalnya, peringatan hari besar keagamaan bisa dilaksankaan tatap muka, tapi dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Blitar Dinilai Sukses Lakukan Uji Coba New Normal

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:01 WIB
X