• Senin, 29 November 2021

Tubuh Mudah Lelah Bahkan Sampai Kehilangan Motiviasi Bisa Jadi Kena Burnout, Kenali Ciri dan Solusinya

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 10:41 WIB
Seorang pemuda bernama Randy Gardner berhasil memecahkan rekor dunia tidak tidur selama 11 hari. Setelah rekor itu terpecahkan ada beberapa hal yang terjadi. (Ilustrasi : Pixabay)
Seorang pemuda bernama Randy Gardner berhasil memecahkan rekor dunia tidak tidur selama 11 hari. Setelah rekor itu terpecahkan ada beberapa hal yang terjadi. (Ilustrasi : Pixabay)

AGTVNews.com - Bekerja terus menerus ditambah tingkat stres yang tinggi terkadang membuat tubuh merasa stres. Belum lagi masalah lain pekerjaan makin bikin suntuk.

Tubuh akan mudah terasa lelah. Bukan hanya secara fisik, namun metal dan emosional bahkan ikut lelah. Bila ini terjadi maka tubuh sedang dilanda Burnout.

Bila ini terus dibiarkan, akan berdampak buruk bagi kondisi kesehatan fisik dan mental. Berikut penjelasan Burnout dan cara mengatasinya :

Baca Juga: Penyebab Kualitas Tidur Tidak Nyenyak serta Cara Mengatasinya

Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran Iceu Amira menjelaskan, 'burnout' dapat mengurangi produktivitas dan menguras energi sehingga membuat seseorang merasa tidak berdaya, putus asa, lemah, dan cepat marah.

"Kalau kelelahan secara fisik saja dengan istirahat bisa selesai. Kalau kelelahan emosional, dengan istirahat saja belum tentu selesai. Maka harus ada intervensinya," kata Iceu dikutip dari laman resmi Unpad.

Burnout sebenarnya dapat terjadi pada siapa saja, 'burnout' biasanya terjadi akibat pekerjaan yang menumpuk dan terlalu berat.

Baca Juga: Posisi Tidur Dengan Pasangan Ungkap Rahasia Sesungguhnya, Cek Posisimu Ya

Dosen Fkep Unpad Indra Maulana mengatakan, ibu rumah tangga juga bisa mengalami 'burnout' karena menghadapi banyak pekerjaan rumah.

Halaman:

Editor: CF Glorian

Sumber: prfmnews.pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Buah Markisa Dibalik Rasanya yang Sangat Asam

Senin, 29 November 2021 | 09:05 WIB

Cara Mempercepat Siklus Menstruasi yang Aman

Rabu, 10 November 2021 | 19:54 WIB

Resep Es Campur Sehat Ala Dokter Zaidul Akbar

Rabu, 10 November 2021 | 10:56 WIB

Cara Mudah Dan Murah Mengatasi Asam Lambung

Selasa, 2 November 2021 | 16:51 WIB

Vaksinasi Dosis 2, BIN Sasar Santri Ponpes Blitar

Senin, 1 November 2021 | 15:18 WIB
X