• Senin, 29 November 2021

Sekarang Stok Vaksin Bisa Dipantau Hingga Tingkat Kabupaten

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:45 WIB
Ilustrasi, 5 juta Vaksin Sinovac mendarat di Indonesia (Sekretariat Presiden)
Ilustrasi, 5 juta Vaksin Sinovac mendarat di Indonesia (Sekretariat Presiden)

AGTVnews.com - Kementerian Kesehatan kini menampilkan stok vaksin di level propinsi hingga kabupaten/kota. Munculnya data stok vaksin untuk meningkatkan transparansi maupun kontrol.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara dalam keterangan pers menyatakan, Kementerian Kesehatan melakukan pembaruan terhadap website vaksin.kemkes.go.id.

Menu yang awalnya hanya memuat status vaksin dan situasi Covid-19, kini telah ditambahkan menu stok vaksin.

''Saat ini dashboard vaksin Kemenkes telah diperbarui, sehingga pengguna dimudahkan untuk memantau estimasi ketersediaan stok vaksin dan update data jumlah vaksin berdasarkan wilayah dengan satuan terkecil adalah kabupaten/kota,'' kata Siti Nadia Tarmizi.

Dalam menu baru tersebut, Kemenkes menyediakan visualisasi dalam bentuk peta yang masing-masing daerah dibedakan warnanya guna mempercepat serta memudahkan pengklasifikasian update ketersediaan vaksin di daerah.

Warna biru menunjukkan estimasi stok vaksin aman hingga lebih dari 14 hari, warna hijau estimasi stok vaksin cukup untuk 10-14 hari, warna kuning cukup untuk 7-10 hari, dan warna merah kurang dari 7 hari.

Jubir Nadia merinci data yang disajikan dalam dashboard vaksinasi berasal dari hasil pencatatan dan pelaporan vaksin dan logistik pelaksanaan vaksinasi Covid-19 menggunakan sistem monitoring logistik elektronik yaitu Bio Tracking dan SMILE (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik secara Elektronik).

SMILE merupakan Platform yang memuat data real-time seputar rantai dingin distribusi vaksin yang mencakup jumlah, nomor batch dan tanggal kedaluwarsa vaksin yang diterima dari distributor di setiap tingkatan serta lokasi penyimpanannya mulai dari tingkat provinsi hingga Puskesmas.

Pencatatan ini untuk memastikan stok vaksin pusat dan daerah sama sekaligus sebagai bentuk transparansi terhadap pengelolaan vaksin Covid-19.

''Kami menghimbau agar input data oleh FASKES dilaksanakan secara rutin dan lengkap agar perkiraan stok dosis vaksin di lapangan dan estimasi sisa hari ketersediaan stok vaksin terpantau secara real time,'' kata Nadia.***

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Sumber: Kemenkes RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Buah Markisa Dibalik Rasanya yang Sangat Asam

Senin, 29 November 2021 | 09:05 WIB

Cara Mempercepat Siklus Menstruasi yang Aman

Rabu, 10 November 2021 | 19:54 WIB

Resep Es Campur Sehat Ala Dokter Zaidul Akbar

Rabu, 10 November 2021 | 10:56 WIB

Cara Mudah Dan Murah Mengatasi Asam Lambung

Selasa, 2 November 2021 | 16:51 WIB

Vaksinasi Dosis 2, BIN Sasar Santri Ponpes Blitar

Senin, 1 November 2021 | 15:18 WIB
X