Waspada, Hewan Ternak Sapi Terjangkit PMK Di Probolinggo Bertambah, Kini Capai 203 Ekor

- Kamis, 12 Mei 2022 | 07:19 WIB
Waspada, Sapi Terjangkit PMK Di Probolinggo Bertambah, Kini Capai 203 Ekor  (Pixabay)
Waspada, Sapi Terjangkit PMK Di Probolinggo Bertambah, Kini Capai 203 Ekor (Pixabay)

AGTVNews.com - Maraknya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang melanda Jawa Timur kian mengkhawatirkan. Pemprov Jatim dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di berbagai kabupaten melakukan upaya pencegahan berbagai cara. 

Terbaru adalah di Kabupaten Probolinggo, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Probolinggo mencatat jumlah hewan ternak sapi yang diduga terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di daerah itu bertambah dari 143 menjadi 203 ekor berdasarkan laporan petugas teknis peternakan.

"Namun, potensi ternak terancam PMK berdasarkan populasi 2022 triwulan pertama untuk sapi potong sebanyak 312.932 ekor dan sapi perah 8.164 ekor sehingga harus diwaspadai," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo Yahyadi pada Rapat Koordinasi Pengendalian dan Penanggulangan Wabah PMK di ruang pertemuan UPT Puskeswan DPKH Probolinggo, sebagaimana dikutip AGTVNews.com dari Antara Kamis 12 Mei 2022. 

Baca Juga: Feby Eka Putra Resmi Merapat Ke Dewa United FC di Bursa Transfer Liga 1

Menurutnya, populasi sapi potong tersebar pada 24 kecamatan, namun yang sudah terindikasi sakit ada pada tiga kecamatan, yakni Kuripan, Bantaran dan Kecamatan Wonomerto.

"Kewaspadaan terhadap wabah PMK itu perlu dilakukan karena penyebaran penyakitnya sangat cepat dan meluas mengikuti lalu lintas ternak dan produknya serta pengendaliannya sangat sulit," tuturnya.

Selain itu, kata Yadi, juga membutuhkan biaya besar, mulai dari pengobatan, vaksinasi serta operasional pengawasan lalu lintas ternak/produk hewan karena wabah PMK menimbulkan kerugian ekonomi sangat tinggi, seperti penurunan berat badan, harga jatuh dan pemasaran tertutup.

Baca Juga: Penandatanganan Kerjasama, Kemenag dan Garuda Siap Berangkatkan Jemaah Haji dari 9 Embarkasi

"Wabah PMK juga mengancam tidak tercapainya swasembada daging sapi/kerbau dan populasi ternak sapi menurun," katanya.***

Halaman:

Editor: Eva Rohilah

Sumber: antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X