Cara Mencegah Hepatitis Akut Pada Anak, Salah Satunya dengan Mengonsumsi Makanan Matang

- Jumat, 6 Mei 2022 | 16:02 WIB
Ilustrasi Hepatitis Pada Anak (Foto: Pexels)
Ilustrasi Hepatitis Pada Anak (Foto: Pexels)

AGTVnews.com – Hepatitis akut pada anak diduga telah masuk ke Indonesia. Hal itu terjadi setelah ditemukan tiga anak meninggal dunia akibat penyakit ini. Orang tua yang memiliki anak patutnya khawatir. Pasalnya, penyakit hepatitis akut ini menyasar anak-anak di bawah usia enam belas tahun. Ada upaya pencegahan yang bisa dilakukan salah satunya adalah mengkonsumsi makanan matang

Di Indonesia, tiga pasien yang diduga terkena hepatitis akut yang dikabarkan meninggal dunia berusia dua tahun, delapan tahun, dan sebelas tahun. Menurut Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, Prof Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A., gejala awal yang ditimbulkan dari penyakit hepatitis akut seperti mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan. Kemudian gejala yang ditimbulkan akan semakin berat yakni urin berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat.

Jika gejala tersebut muncul, orang tua disarankan untuk langsung membawa anaknya ke pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk medapatkan diagnosis awal.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Penginjak Al-Quran di Sukabumi yang Dilakukan Oleh Suami Istri

“Bawalah anak-anak kita ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Jangan menunggu sampai gejalanya lebih berat, karena kalau berat kita kehilangan momentum untuk bisa menolong lebih cepat. Apalagi kalau sampai sudah terjadi penurunan kesadaran, maka kesempatan untuk menyelematkannya sangat kecil,” kata Prof. Hanifah yang dikutip melalui laman Sehat Negeriku Jumat, 6 Mei 2022.

Prof. Hanifah menyebutkan bahwa dugaan awal penyakit misterius ini disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dan lain-lain. Virus ini terutama menyerang saluran pencernaan dan saluran pernafasan.

Prof. Hanifah menyampaikan bahwa untuk melakukan pencegahan hepatitis akut pada saluran pencernaan bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun, memastikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi matang, tidak menggunakan alat-alat makanan bersama dengan orang lain dan menghidari kontak anak-anak dari orang yang sedang sakit agar anak tetap sehat.

Baca Juga: Wisata Telaga Sarangan Ramai Pengunjung, Polres Magetan Lakukan Rekayasa Lalu Lintas dan Siagakan Tim Drogba

Selain itu, pencegahan hepatitis akut pada saluran pernafasan dengan cara menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas.

Halaman:

Editor: Eva Rohilah

Sumber: sehatnegeriku.kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X