• Sabtu, 28 Mei 2022

Mengenal Lebih Dekat Tentang Rempah Kapulaga yang Dahsyat Untuk Tubuh

- Rabu, 19 Januari 2022 | 16:05 WIB
Di Indonesia, kapulaga meruapakan tumbuhan yang dijadikan rempah. Tumbuhan ini juga dapat ditemukan di sejumlah daerah di Asia. (Uwe Baumann dari Pixabay)
Di Indonesia, kapulaga meruapakan tumbuhan yang dijadikan rempah. Tumbuhan ini juga dapat ditemukan di sejumlah daerah di Asia. (Uwe Baumann dari Pixabay)

AGTVnews.com - Kapulaga adalah tanaman perdu yang tumbuh baik di kondisi ternaungi. Kapulaga dimanfaatkan bijinya untuk penambah aroma pada masakan.

Namun ternyata ada fungsi lainya yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga Jawa dan kapulaga Sabrang atau kapulaga India.

Keduanya termasuk kedalam suku jahe-jahean, walaupun berbeda jenis, khasiat dan kegunaan dari tanaman ini tetap sama.

Baca Juga: Mengenal Istilah Egg Freezing yang Dilakukan Oleh Luna Maya

Kapulaga Jawa diidentifikasi sebagai tanaman asli pulau Jawa, sedangkan kapulaga Sabrang berasal dari hutan tropis yang ada di India selatan dan Sri Lanka.

Kapulaga diperkenalkan ke Eropa oleh bangsa Arab sebagai bumbu. Tanaman ini juga dapat tumbuh di negara Thailand, Kamboja, Filipina dan Malaysia Barat.

Di Indonesia tanaman kapulaga ditanam di daerah perbukitan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kapulaga Jawa memiliki nama ilmiah Amomum Compactum.

Baca Juga: Mimpi Nabi Muhammad SAW yang Menjukkan Beruntungnya Jadi Umat Islam

Halaman:

Editor: CF Glorian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X