• Minggu, 24 Oktober 2021

Badan POM Rilis 53 Obat Tradisional Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:11 WIB
Ilustrasi obat berbahaya (Pixabaya)
Ilustrasi obat berbahaya (Pixabaya)

AGTVnews.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 53 produk obat tradisional yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan.

Temuan tersebut hasil pantauan selama masa pandemi Juli 2020 sampai September 2021. Produk obat tradisional mengandung bahan kimia obat ini dipromosikan sebagai obat penyembuhan Covid-19.

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Reri Indriani mengungkapkan, kecenderungan baru temuan produk obat tradisional berupa Efedrin dan Pseudoefedrin.

Padahal obat tradisional yang mengandung Efedrin dan Pseudoefedrin berisiko dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Efek terburuk adalah kesulitan bernafas dan sesak di dada.

Baca Juga: Polisi Grebek Perusahaan Pinjaman Online, 32 Karyawan Kicep Saat Ditahan Petugas

"Modus penambahan bahan kimia berupa Efedrin dan Pseudoefedrin ini dapat digunakan secara tidak tepat dalam penyembuhan Covid-19," ujar Reri dikutip dari laman resmi BPOM Kamis, 14 Oktober 2021.

Berdasarkan hasil kajian oleh BPOM, produk obat tradisional yang mengandung Efedrin tersebut tidak menahan laju keparahan, tidak menurunkan angka kematian dan tidak mempercepat konversi swab test menjadi negatif.

Justru sebaliknya, penggunaan Efedrin dapat membahayakan kesehatan, yakni mempengaruhi sistem kardiovaskuler bahkan bisa menyebabkan kematian.

Di samping temuan baru Efedrin dan Pseudoefedrin, BPOM juga menemukan bahan kimia obat didalam produk obat tradisional yang telah dinyatakan terlarang pada tahun-tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Meditasi yang Tidak Disadari Banyak Orang

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 07:05 WIB

Ciplukan, Buah Bernama Golden Berry yang Kaya Manfaat

Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:52 WIB

7 Jenis Makanan dan Minuman yang Ampuh Atasi Insomnia

Rabu, 29 September 2021 | 22:28 WIB
X