• Minggu, 14 Agustus 2022

Tips Menghindari Kuku Cantengan yang Bisa Menyiksa Diri

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:21 WIB
Ilustrasi : Merawat kuku sangat diperlukan. Selain demi kecantikan, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya cantengan. (yanweig86 dari Pixabay)
Ilustrasi : Merawat kuku sangat diperlukan. Selain demi kecantikan, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya cantengan. (yanweig86 dari Pixabay)


AGTVnews.com - Cantengan adalah suatu keadaan dimana kuku jempol kaki tumbuh ke dalam atau menekan ke dalam kulit. Kondisi ini sangat menyiksa bagi penderitanya.

Tumbuhnya kuku yang tidak semestinya ini dapat menyebabkan pembengkakan pada jempol kaki akibat daging yang terus ditusuk oleh kuku.

Tak ayal kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit. Bila dibiarkan, hal ini dapat mengganggu penderitanya untuk berjalan maupun beraktivitas.

Pertumbuhan kuku ke dalam ini dapat terjadi kepada semua orang, baik wanita atau pria dengan berbagai usia.

Baca Juga: No Bra Day, Hari Tanpa BH Benarkah Harus Tidak Memakainya?

National Health Services (NHS) menyebutkan bahwa cantengan lebih mungkin terjadi kepada orang dengan kaki mudah berkeringat.

Orang yang lebih tua pun mudah mengalaminya karena kondisi kuku kaki yang menebal seiring bertambahnya usia.

Berikut penyebab terjadinya kuku cantengan :

1. Memotong kuku dengan tidak benar dapat memperbesar risiko, misalnya memiringkan sisi kuku yang berpotensi pertumbuhan kuku ke arah yang tidak semestinya.

Baca Juga: Tuan Rumah PON Papua Ajukan Protes ke Dewan Hakim, Penyerahan Medali Senam Aerobik Ditunda

Halaman:

Editor: CF Glorian

Sumber: Malang Terkini

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X