• Minggu, 14 Agustus 2022

Peneliti Temukan Obat Asam Urat Justru dari Makanan Pantangan Penderita

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:06 WIB
Ilustrasi: Nyeri sendi karena asam urat. (pixabay)
Ilustrasi: Nyeri sendi karena asam urat. (pixabay)

AGTVnews.com - Penyakit asam urat merupakan penyakit umum yang sering terjadi pada orang dewasa. Penyakit asam urat disebabkan kelebihan zat purin dalam darah.

Efek yang ditimbulkan dari penyakit asam urat adalah rasa sakit yang sangat pada persendian, terjadi pembengkakan sendi dan terasa panas. Penderita bahkan merasakan lumpuh akibat sendi yang sakit.

Penyakit asam bisa disembuhkan, dengan obat medis seperti Allopurinol. Namun sayangnya, obat ini memiliki efek samping dalam proses penyembuhannya.

Hal itulah yang membuat pencarian obat asam urat jenis herbal sangat marak. Obat herbal selama ini dikenal aman untuk menyembuhkan penyakit, meskipun waktu penyembuhannya relatif lebih lama.

Baca Juga: Arti Mimpi Jatuh dari Tempat Tinggi dan Kaget Saat Tidur Menurut Primbon Jawa

Salah satu penelitian bahan herbal untuk penyakit asam urat dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (FK UMM).

Para mahasiswa ini membuat alternatif obat asam urat, justru dari bahan makanan yang sering dhindari penderita, yakni kacang tanah.

Penelitian difokuskan pada bagian kulit kacang tanah, yang diyakini mengandung flavonoid. Zat flavonoid berfungsi untuk mencegah bakteri sekaligus mampu menyembuhkan dari infeksi virus.

Dikutip dari laman Muhammadiyah, para mahasiswa baru melakukan penelitian sebatas pada tahap hewan coba. Dalam percobaan tersebut, mereka membuat tikus menderita asam urat terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X