• Jumat, 28 Januari 2022

Perut Buncit Dialami Pria Usai Menikah, Simak Penyebabnya

- Sabtu, 4 September 2021 | 06:00 WIB
Ilustrasi perut buncit. (Pixabay)
Ilustrasi perut buncit. (Pixabay)

AGTVnews.com - Bagi sebagian pria, perut buncit seringkali menjadi problem. Utamanya bagi pria yang telah menjadi suami atau ayah. Tak jarang, ‘dad body’ - istilah lainnya perut buncit bapak-bapak ini, malah menjadi tren karena menggemaskan.

Sebenarnya, apa penyebab perut buncit bapak-bapak ini? Dilansir dari laman klikdokter, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang sudah menikah rata-rata paling sedikit naik 4-5 kilogram dari berat ideal.

Penelitian lain yang dipublikasikan pada jurnal Families, Systems & Health juga menemukan hal yang sama, setelah membandingkan aktivitas fisik, berat badan, dan pola makan pria sebelum menikah.
Hasilnya, sekitar 25% pria sudah menikah akan menjadi gemuk dibandingkan pria lajang. Perut buncit setelah menikah didasari oleh berbagai macam alasan.

Peneliti dari University of Bath, Inggris, mengatakan pria lajang tidak mengalami perut buncit karena menjaga tubuh tetap bugar dan langsing untuk mencoba menarik pasangan.

Namun, setelah itu, mereka akan membiarkan tubuh mereka menjadi gemuk karena sudah mendapatkan pasangan yang mereka inginkan.

Baca Juga: Waspadai Varian 'Mu' Strain Baru Covid-19, Konon Kebal Vaksin

Ini seperti sikap masa bodoh terhadap apa yang akan terjadi karena sudah sukses menggaet wanita idaman mereka.

Di sisi lain, pria yang sudah menikah seperti "dipaksa" untuk memenuhi kewajiban finansial yang tinggi karena harus membiayai keluarga. Hal ini berimbas pada waktu olahraga yang berkurang bagi para pria.

Pola makan juga jadi berantakan karena terlalu fokus bekerja. Lalu, aktivitas fisik dan ketidakseimbangan nutrisi juga jauh dari perhatian para pria ini. Akibatnya, kondisi itu juga bisa menjadi faktor membuncitnya perut.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wajib Tahu! Begini Gejala Anak yang Terkena Diabetes

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:43 WIB

Mengenal Bunga Telang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Senin, 24 Januari 2022 | 19:14 WIB

Manfaat Nutrisi Buah Mangga yang Baik Untuk Bayi

Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:02 WIB

Covid 19 Sebabkan Depresi, Simak Begini Cara Atasinya

Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:28 WIB

Kandungan Madu dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jumat, 21 Januari 2022 | 06:23 WIB
X