• Senin, 3 Oktober 2022

Meretas Pertalite Diskon, Berapa Untung Pengecer?

- Jumat, 29 Januari 2021 | 07:43 WIB
Meretas Pertalite Diskon, Berapa Untung Pengecer
Meretas Pertalite Diskon, Berapa Untung Pengecer

AGTVnews.com - Pemerintah saat ini tengah menjalankan program subsidi bahan bakar minyak untuk masyarakat. Subsidi yang dilakukan yakni memberikan diskon Pertalite seharga Premium. Untuk harga normal 1 liter pertalite sebesar Rp 7.650. Sedangkan harga premium Rp 6.450. Jadi pemerintah melalui Pertamina memberi diskon Rp 1.200 per liter. Harga subsidi ini hanya berlaku bagi kendaraan roda dua dan tiga, angkutan umum dan taksi plat kuning.

| simak video berita terkait:

Program diskon ini dirancang sedemikian rapi. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ditugaskan menjual, wajib menyediakan lajur khusus dengan tanda khusus. Tujuannya agar mudah diawasi. Meskipun dirancang sedemikian rapi, selalu ada celah untuk dimanfaatkan.

Bisnis Pengecer Pertalite

BBM Pertalite produksi Pertamina selama ini bebas diperjualbelikan kembali. Sebab jenis BBM kelas menengah ini tidak ada subsidi. Pengecer menjual Pertalite seharga Rp 9.000 per liter. Dengan harga pembelian Rp 7.650, maka pengecer untung Rp 1.350 per liter. Lantas berapa untung pengecer bila membeli Pertalite diskonan? Tentu hitungannya mudah, yakni selisih pembelian ditambah diskon yang diberikan pemerintah = Rp 2.550 per liter. Karena potensi keuntungan yang menggiurkan, saat ini mulai muncul fenomena pembelian full tank BBM bersubsidi. Aksi borong dilakukan kendaraan roda dua dengan kapasitas tangki besar. Setelah penuh terisi, kemudian akan dipindah ke dalam jerigen untuk bisa dijual eceran. Seperti yang terjadi di Kelurahan Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Petugas Unit Reskrim Polsek Mojoroto, mengendus adanya praktik full tank ini. Kecurigaan petugas muncul, karena pengendara motor ini bolak-balik ke SPBU untuk mengisi bahan bakar. Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata benar. Pengendara ini melakukan aksi full tank agar bisa membeli BBM bersubsidi untuk dijual kembali secara eceran. "Saya lihat pengendara ini sudah dua kali mengisi tankinya dengan full. Kita lakukan lidik, ternyata mereka memindah isi tangki ini ke jerigen yang sudah disiapkan," ungkap Kanit Reskrim Polsek Mojoroto, Aiptu Sarwo Edi, Jumat (29/1/2021).
-
kendaraan yang digunakan untuk melakukan aksi full tank. (foto : istimewa) Dalam penyelidikan lebih lanjut, polisi menemukan beberapa jerigen dan motor jenis sport yang siap menyedot Pertalite diskonan di SPBU. Sebagai gambaran, motor jenis Byson memiliki tangki yang bisa diisi 12 liter sekali jalan. Pelaku aksi borong Pertalite diskonan ini masih diamankan di Mapolsek Mojoroto Kota Kediri untuk penyelidikan lebih lanjut. Aksi ini memang sulit terendus, karena pengecer membeli dengan kendaraan biasa. Mungkin nantinya akan ada cara lain yang dilakukan pemerintah agar subsidi ini bisa lebih tepat sasaran.(*)
Reporter : Linda Kusuma 
 Editor : Yusuf Saputro

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Polres Jombang Diserang OTK, Pelaku Bawa Golok

Rabu, 2 Februari 2022 | 17:32 WIB

Berkas Lengkap, Sopir Vanessa Angel Siap Disidangkan

Senin, 10 Januari 2022 | 15:20 WIB

Leluasa Beraksi Maling di Blitar Kuras 46 Laptop

Kamis, 17 Juni 2021 | 12:25 WIB
X