• Jumat, 12 Agustus 2022

Berhutang untuk Kurban Idul Adha Boleh Dalam Islam, Asalkan

- Selasa, 28 Juni 2022 | 14:29 WIB
Berhutang untuk Kurban Idul Adha Boleh Dalam Islam, Asalkan (Instagram @kbbukopinsyariah)
Berhutang untuk Kurban Idul Adha Boleh Dalam Islam, Asalkan (Instagram @kbbukopinsyariah)

AGTVnews.com - Berhutang untuk kurban Idul Adha diperbolehkan dalam ajaran Islam. Inilah penjelasan Ustadz Wijayanto mengenai hukum dan syariatnya.

Di jaman modern seperti saat ini, banyak sekali promosi ibadah yang cenderung bisa dibayar dengan tempo waktu tertentu, bahkan bisa dilakukan secara kredit alias hutang. Salah satunya adalah berhutang untuk kurban Idul Adha.

Selain berhutang untuk kurban Idul Adha, biasanya ibadah lain yang bisa dilakukan secara angsuran adalah Aqiqah maupun ibadah haji.

Sebagian besar ulama sepakat bahwa berkurban hukumnya sunnah muakkad dan sangat dianjurkan bagi orang yang mampu. Lalu, bagaimana jika kurang mampu dan tetap ingin berkurban? Apakah berhutang untuk kurban Idul Adha boleh dalam Islam ?

Baca Juga: Idul Adha 2022 Tanggal Berapa? Ini Ketetapan dari PP Muhammadiyah

Dijelaskan oleh Ustadz Wijayanto melalui akun Instagram pribadinya @Ustadzwijayanto.official, berkurban dihukumkan sunnah muakkadah, sunnah yang sangat dikuatkan bagi yang berkemampuan.

Tetapi untuk orang yang tidak mampu maka dia terlepas dari hukum kewajiban atau sunnah dari kurban itu.

Nah, untuk orang yang berhutang untuk kurban, secara syariat Islam tidak dilarang. Namun harus dengan syarat tertentu, yakni tetap dalam batas kemampuannya.

Baca Juga: Manfaat dan Keutamaan Ibadah Kurban Idul Adha, Sungguh Luar Biasa

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X