• Jumat, 12 Agustus 2022

Membaca Lisan Niat Sholat 5 Waktu Hukumnya Tidak Wajib, Benarkah ? Begini Penjelasanya

- Minggu, 26 Juni 2022 | 12:05 WIB
Membaca Lisan Niat Sholat 5 Waktu Hukumnya Tidak Wajib, Benarkah ? Begini Penjelasanya (Pixabay)
Membaca Lisan Niat Sholat 5 Waktu Hukumnya Tidak Wajib, Benarkah ? Begini Penjelasanya (Pixabay)

AGTVnews.com - Sholat 5 waktu merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan umat Islam. Namun membaca lisan niat sholat 5 waktu hukumnya tidak wajib. Benarkah?

Penjelasan soal membaca lisan niat sholat 5 waktu hukumnya tidak wajib ini akan disampaikan oleh Buya Yahya dalam artikel ini.

Buya Yahya menuturkan, dalam pembahasan sisi praktis, memang dijelaskan supaya tidak membuat orang bingung. Diantaranya masalah bab lisan niat sholat 5 waktu itu.

Kata Buya Yahya, niat tersebut pada dasarnnya di hati, sehingga membaca lisan niat sholat 5 waktu hukumnya tidak wajib diucapkan atau boleh tidak dilakukan.

Baca Juga: Doa Mustajab Pelunas Hutang, Sebanyak Apapun Akan Lunas Jika Rajin Diamalkan Sebelum Tidur

Asalkan, umat Islam saat hendak menjalankan ibadah sholat tersebut sudah memiliki niat dalam hatinya kemudian langsung mengawali ibadah itu dengan takbir 'Allahu Akbar'.

"Yang penting ibu bapak niat di hati mau salat dhuhur misalnya, dan anda suudah tahu dhuhur itu wajib 4 rakaat, nah kan begitu langsung ada niat, Allahu Akbar, nggak pakai niat itu," jelasnya, dalam siaran Al Bahjah Tv yang dibagikan melalui akun instagram resminya.

Meski demikian, bacaan niat sholat 5 waktu itu oleh para ulama disunnahkan. Sehingga umat islam yang akan beribadah tetap disarankan membaca niat itu secara lisan.

"Cuma para ulama menyunnahkan sebelum takbir itu niat mengucapkan dengan lesannya," bebernya.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X