• Jumat, 27 Mei 2022

Hari Raya Umat Buddha, Tahun ini Waisak Jatuh di Jam Siang

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:41 WIB
Hari Raya Umat Buddha, Tahun ini Waisak Jatuh di Jam Siang (Istock-Pixabay)
Hari Raya Umat Buddha, Tahun ini Waisak Jatuh di Jam Siang (Istock-Pixabay)

AGTVnews.com - Umat Buddha di seluruh Indonesia sebentar lagi akan merayakan Hari raya Waisak. Dimana tahun ini akan jatuh pada 16 Mei 2022.

Hari Raya Waisak ini dirayakan di tanggal-tanggal berbeda setiap tahunnya. Salah satunya karena mengikuti bulan purnama di bulan Mei. Sekaligus mengikuti penanggalan kalender Buddha atau yang dikenal BE (Buddhist Era). Dan tahun ini, tepat pada 2566 BE.

Bahkan tidak hanya tanggalnya saja yang berubah setiap tahunnya. Namun ternyata detik-detik Waisak sendiri juga tak sama. Dimana tahun ini detik-detik Waisak jatuh pada pukul 11.13 WIB.

Baca Juga: Sukses Hipnotis Penontonnya, Inilah Profil Aulia Sarah Pemeran Badarawuhi Dalam Film KKN di Desa Penari

Saat itulah umat Buddha meyakini bahwa pada jam tersebut menjadi pertanda Hari Waisak mereka mencapai pencerahan. Sebab pada tahun 623 M, Sang Buddha Gautama lahir ke dunia.

Dikutip dari Orami.co.id, biasanya umat Buddha akan merayakannya dengan ritual tiga peristiwa suci atau yang dikenal sebagai tri suci Waisak. Ketiga peristiwa tersebut terjadi pada sang Buddha Gautama, yaitu Guru Agung Buddha Gotama.

Tiga peristiwa ini digambarkan berupa kelahiran, pencerahan sempurna, dan kemangkatan atau kematian sang Buddha.

Baca Juga: Bikin Merinding, Kisah Mistis Para Pemeran KKN di Desa Penari Saat Syuting Film

Menurut informasi, perayaan tersebut tahun ini akan kembali diselenggarakan di Candi Borobudur, Magelang setelah 2 tahun ditiadakan akibat pandemi.

Halaman:

Editor: Muji Lestari

Sumber: orami.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X