• Jumat, 27 Mei 2022

Ramai Foto Selfie dan KTP sebagai NFT, Ini Peringatan Kominfo

- Selasa, 18 Januari 2022 | 16:22 WIB
NFT OpenSea (laman website opensea)
NFT OpenSea (laman website opensea)

AGTVnews.com – Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dedy Permadi, angkat bicara terkait transaksi Non-Fungible Token (NFT).

Semenjak Sultan Gustaf Al Ghozali atau lebih dikenal Ghozali Everyday sukses meraup Rp1,5 miliar melalui transaksi NFT, banyak masyarakat Indonesia berupaya mengikuti jejaknya.

Menanggapi tren tersebut, Kementerian Kominfo melalui siaran pers pada Minggu, 16 Januari 2022 menghimbau kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam memanfaatkan NFT.

Pasalnya hal ini lantaran muncul fenomena foto selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dijual di marketplace OpenSea tersebut.

Baca Juga: Terbenam di Dasar Klasemen Persiraja Banda Aceh Lupa Cara Menang

Menurut Dedy sebagaimana dilansir dari laman resmi, Kominfo akan tetap mengawasi kegiatan transaksi jual-beli NFT di Indonesia.

Hal ini dilakukan supaya pemanfaatan platform NFT tidak menimbulkan dampak negatif maupun melanggar hukum.

Pasca viralnya fenomena masyarakat menjual foto selfie memegang KTP sebagai NFT di marketplace OpenSea, Kominfo mengingatkan kepada para platform NFT untuk tidak memfasilitasi penyebaran konten berupa perlindungan data pribadi hingga pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Baca Juga: Tips Jadikan Masjid Menarik Bagi Generasi Muda

Halaman:

Editor: CF Glorian

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X