• Minggu, 5 Desember 2021

Selama Pandemi, Jumlah Wanita Pegiat UMKM Lebih Banyak Dibanding Pria

- Selasa, 2 November 2021 | 12:41 WIB
Berdasarkan hasil riset yang dilakukan LPEM FEB UI 2020, jumlah pegiat UMKM selama pandemi berlangsung didominasi oleh perempuan. (Tokopedia)
Berdasarkan hasil riset yang dilakukan LPEM FEB UI 2020, jumlah pegiat UMKM selama pandemi berlangsung didominasi oleh perempuan. (Tokopedia)

AGTVnews.com - Pandemi banyak dijadikan sebagai tonggak membangun dan memulai berbagai usaha niaga berbasis daring atau online.

Data Tokopedia menunjukkan, ada penambahan jumlah penjual di platformnya selama pandemi sebesar 3,7 juta dari 7,3 juta (Februari 2020, sebelum pandemi) menjadi lebih dari 11 juta (Juni 2021).

"Riset LPEM FEB UI 2020 di sisi lain mengungkap bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5x lipat lebih tinggi dibandingkan jumlah laki-laki,” ungkap Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, Falah Fakhriyah.

Baca Juga: Diadaptasi Webtoon, Daftar Drama Korea ini Bikin Gemes

Dakara Indonesia, VIVIZUBEDI, Ederra Indonesia, NRHxNabilia merupakan contoh bisnis yang juga didirikan perempuan-perempuan pegiat UMKM lokal penggerak kategori Fesyen di Tokopedia.

Mereka mengaku merasakan dampak dari pemanfaatan platform digital Tokopedia, salah satunya dengan mengikuti kampanye, seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Muslim Fash Forward.

Dakara Indonesia mengalami kenaikan transaksi lebih dari 2x lipat setelah mengikuti kampanye Hari BBI 2021.

Baca Juga: Catatan Buruk Ibrahim Bahsoun Bersama Persik Kediri, Hanya Bermain Dua Kali

Sementara omzet VIVIZUBEDI meningkat 3x lipat sejak bergabung di Tokopedia. Jumlah transaksi Ederra Indonesia bertumbuh 9x lipat selama kuartal II/2021 dibanding periode yang sama pada dua tahun lalu.

Halaman:

Editor: CF Glorian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur Erupsi

Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:33 WIB

Ini Kelemahan Kelemahan Timnas U-18 di Mata Coach STY

Rabu, 24 November 2021 | 16:13 WIB
X