• Sabtu, 4 Desember 2021

Benteng Pendem Ngawi Dipugar untuk Tingkatkan Pariwisata

- Senin, 11 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Kondisi Benteng Pendem sebelum dilakukan revitalisasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kini Benteng Pendem tengah direvitalisasi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. (Kementerian PUPR)
Kondisi Benteng Pendem sebelum dilakukan revitalisasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kini Benteng Pendem tengah direvitalisasi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. (Kementerian PUPR)

AGTVnews.com - Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi Jawa Timur dilakukan revitalisasi bangunan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Benteng Pendem dengan nama asli Benteng Van Den Bosch ini dipugar dengan nilai proyek sebesar Rp113,7 miliar. Dana proyek bersumber APBN multi years tahun 2020-2022.

Dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, tujuan dari revitalisasi ini adalah untuk melakukan perlindungan terhadap elemen-elemen bangunan sementara sampai dengan bangunan benteng dipugar secara komprehensif.

PPK Bina Penataan Bangunan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Any Virgyani mengungkapkan, target waktu revitalisasi Benteng Pendem selesai pada Januari 2023 mendatang.

Baca Juga: Arab Saudi Izinkan Warga Indonesia Lakukan Ibadah Umrah, DPR Minta Kemenag Tancap Gas

"Namun kita percepat sehingga akhir Desember 2022 dapat terselesaikan 100 persen," kata Any saat dikonfirmasi Koran Memo Minggu, 10 Oktober 2021.

Any menjelaskan, kegiatan utama dalam revitalisasi bangunan ini meliputi pemasangan baja, pemasangan bata, pemlesteran, pengelupasan plester, pemasangan kusen dan penggalian saluran.

Pekerjaan paling besar yakni mengupas plesteran dinding, karena dinding yang lama tersebut bahan materialnya berasal kapur sehingga perlu dirombak total.

"Untuk progres pekerjaan, memasuki Oktober ini sudah mencapai 52 persen,” jelasnya. Pihaknya memastikan tahapan pekerjaan sesuai target yang ditetapkan.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kelemahan Kelemahan Timnas U-18 di Mata Coach STY

Rabu, 24 November 2021 | 16:13 WIB
X