• Sabtu, 4 Desember 2021

Jaga Eksistensi Batik Dekranasda Kota Kediri Dorong Pengrajin Terus Berkembang

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 21:55 WIB
Bunda Fey Ketua Dekranasda Kota Kediri (Dinas Kominfo Kota Kediri)
Bunda Fey Ketua Dekranasda Kota Kediri (Dinas Kominfo Kota Kediri)

AGTVnews.com - Dukung eksistensi kerajinan batik di Kota Kediri, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kediri terus memberikan dukungannya.

Dekranasda Kota Kediri bersinergi dengan pemerintah daerah memberikan sejumlah pelatihan, agar para pengrajin batik mampu bertahan dan terus mengembangkan diri.

Dukungan yang diberikan dekranasda Kota Kediri diantaranya, dengan adanya fasilitasi pameran, workshop, hingga fasilitasi digital marketing.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata di Tulungagung yang Sudah Bisa Dikunjungi

Ketua Dekranasda Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar mengatakan Dekranasda Kota Kediri telah berpartisipasi pada Pameran Gelar Kriya Dekranasda Jatim, memberikan fasilitasi promosi di media sosial bagi perajin batik, serta bekerjasama dengan Pemprov Jatim dan Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Kementerian Perindustrian memberikan fasilitasi sertifikasi Batikmark gratis.

Selain itu, pada tahun ini, pemerintah juga memberikan workshop Penulisan Konten Kreatif bagi usaha kriya termasuk batik dan penyelenggaraan Batik Corner di Kediri Town Square (Ketos) dalam rangka Hari Batik Nasional.

Baca Juga: Beli Toyota Rush Anyar Pakai Koin, Teller Butuh 3 Hari Untuk Menghitung

Bunda Fey mengungkapkan bila melihat pengrajin-pengrajin batik di Kota Kediri ini masih terus eksis dan konsisten. Di era seperti sekarang Dekranasda juga mendorong pengrajin batik untuk memasarkan secara online.

“Kalau tidak seperti itu mereka akan ketinggalan. Sejauh ini Dekranasda bersama Pemerintah Kota Kediri kita selalu support teman-teman UMKM termasuk pengrajin batik. Kita juga datangkan desainer nasional agar motif-motif batik di Kota Kediri ini berkembang dan up to date,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Linda Kusuma Wardhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kelemahan Kelemahan Timnas U-18 di Mata Coach STY

Rabu, 24 November 2021 | 16:13 WIB
X