• Sabtu, 16 Oktober 2021

Kenali Tahapan Cara Budidaya Ikan Cupang, Pemula Sebaiknya Pilih Salah Satu

- Minggu, 5 September 2021 | 06:00 WIB
Kolam pembenihan ikan cupang milik H Baidlowi di Desa Branggahan Kecamatan Ngadiluwih Kediri. (Facebook/@ahmad baidlowi)
Kolam pembenihan ikan cupang milik H Baidlowi di Desa Branggahan Kecamatan Ngadiluwih Kediri. (Facebook/@ahmad baidlowi)

AGTVnews.com - Budidaya ikan cupang bisa menjadi pilihan untuk mendatangkan income. Dalam skala kecil, budidaya ikan cupang bisa memberi tambahan penghasilan.

Budidaya ikan cupang juga bisa dijadikan mata pencaharian bila ingin serius menekuni. Dalam jumlah produksi tertentu, dari budidaya ikan cupang cukup untuk menghidupi keluarga.

Meskipun belakangan tren penjualan ikan cupang sudah menurun, namun seiring waktu permintaan akan kembali lancar dengan harga normal.

Cara budidaya ikan cupang umumnya dibagi 3 tahapan atau segmen. Masing-masing segmen dilakukan oleh orang yang berbeda. Namun bisa juga dilakukan seluruhnya bila ingin mendapat hasil yang lebih tinggi.

Budidaya Benih Ikan Cupang.

Budidaya ikan cupang segmen pertama adalah bagian memproduksi benih. Segmen pembenihan ikan cupang adalah bagian paling sulit diantara segmen lainnya.

Pembenih ikan cupang adalah sebutan peternak yang menjual ikan cupang berumur sekitar 1 bulan dari menetas. Benih dijual ke petani pembesaran saat sudah lancar makan cacing sutra.

Benih ikan cupang umur 1 bulan masih seukuran lidi. Sama sekali belum memiliki rumbai-rumbai. Warnanya pun didominasi coklat, hijau tosca atau bening sesuai jenisnya.

Diusia ini, belum bisa diketahui jenis dan warna apa ikan cupang tersebut. Hanya pembenih yang mengetahui riwayat indukan ikan tersebut.

Halaman:

Editor: Yusuf RH Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tesla Didenda RP1,9 Triliun Gegara Perlakuan Rasis

Senin, 11 Oktober 2021 | 19:55 WIB
X